di depan komputer

Waspadai Masalah Kesehatan Akibat Terlalu Sering Menatap Layar Komputer

Kebanyakan orang sekarang ini pasti sering berkutat dengan layar komputer atau laptop entah untuk melakukan pekerjaan, tugas kuliah, bermain game atau menghabiskan waktu dengan browsing atau chatting. Yang pasti jika sudah berurusan dengan laptop atau komputer kita pasti betah dan sulit untuk melepaskannya. Bahkan kita bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang sangat lama. Khususnya bagi para pegawai kantoran yang harus bekerja selama kurang lebih 8 jam per hari di depan komputer atau laptop.

Kamu tentu pernah merasakan mata lelah akibat terlalu lama di depan komputer kan? Memang penggunaan komputer yang terlalu lama bisa berdampak buruk untuk kesehatan mata kita dan bukan tidak mungkin kita bisa mengidap Computer Vision Syndrome (CVS) yakni suatu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja di depan komputer terlalu lama.

Tapi, ternyata gangguan kesehatan akibat di depan komputer bukan hanya berdampak pada penglihatan kita saja Toppers tapi, juga bagian tubuh kita yang lain. Masalah kesehatan ini bisa menimpa siapa saja dan tidak mengenal usia lho! Yuk, kita cari tahu lebih lanjut apa aja gangguan kesehatan yang diakibatkan terlalu lama di depan komputer ini.

Gangguan Mata

gangguan kesehatan akibat terlalu sering di depan komputer

Masalah gangguan pada mata memang menjadi salah satu problem umum yang menimpa para pengguna komputer. Pada saat di depan layar komputer, kita cenderung jarang untuk mengedipkan mata, sehingga membuat mata jadi cepat kering. Nah, mata kering ini lah yang dapat mengganggu kesehatan mata dan menurunkan tingkat penglihatan mata kita. Selain itu, syaraf mata kita jadi lebih tegang, sehingga mata jadi cepat lelah. Radiasi yang dipancarkan dari layar monitor juga tidak baik untuk kesehatan mata kita.

Untuk itu, saat bekerja di depan komputer usahakan kita menyesuaikan dahulu tingkat kecerahan layar komputer agar tidak terlalu terang, atau istirahatkan mata kamu sejenak dengan sering berkedip atau dengan mengalihkan pandangan kita sejenak pada objek lain.

Garis Halus pada Wajah

gangguan kesehatan akibat terlalu sering di depan komputer

Apakah kamu pernah menyadari saat berhadapan dengan layar komputer, terkadang kita terlalu serius sampai mengernyitkan dahi atau memicingkan mata? Nah, ternyata ekspresi serius tersebut bisa memunculkan garis – garis halus pada wajah terutama di area sekitar mata dan antara kedua alis. Tentu kamu gak mau dong kalau kerutan – kerutan tersebut bikin wajah kita jadi terlihat lebih tua?

Cara mengatasinya adalah dengan rutin menggunakan krim mata yang akan melembabkan kulit tipis di area sekitar mata. Sementara, untuk mengurangi kerutan yang ada di sekitar dahi, kamu bisa lakukan dengan cara mencubit tengah dahi dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol lalu, coba menariknya ke atas dan ke bawah.

Sakit Punggung

gangguan kesehatan akibat terlalu sering di depan komputer

Masalah kesehatan yang mengganggu selanjutnya adalah rasa sakit pada punggung yang juga sering diderita para pengguna komputer. Hal ini dikarenakan kita terlalu lama duduk diam pada posisi yang sama atau bahkan sampai menunduk ke arah monitor. Posisi duduk yang buruk tersebut mempengaruhi kesehatan punggung kita, bahkan yang lebih parah jika terbiasa duduk dengan cara seperti itu, bisa membuat tubuh kita bungkuk lho!

Untuk mengurangi rasa sakit pada punggung akibat terlalu lama duduk di depan komputer, kamu bisa melakukan yoga, pilates, atau sit up yang dapat mencegah sakit pada punggung tersebut.

Sakit Leher

gangguan kesehatan akibat terlalu sering di depan komputer

Posisi duduk yang tidak benar secara tidak langsung juga akan mempengaruhi posisi leher. Terkadang, saat di depan pc atau laptop, leher kita cenderung menekuk. Nah, posisi leher seperti ini lah yang akan menyebabkan leher menjadi kaku. Tapi, kamu tidak boleh menganggap remeh ya karena jika dibiarkan terus menerus, bisa mengakibatkan sakit leher yang kronis lho!

Sakit Kepala

gangguan kesehatan akibat terlalu sering di depan komputer

Kalau Toppers sering mengalami pusing atau sakit kepala saat terlalu lama di depan laptop, itu bisa saja disebabkan karena cahaya fluorescent yang tidak mampu dilihat dengan mata telanjang. Nah, pancaran cahaya dari layar perangkat lunak ini lah yang menyebabkan rasa sakit pada kepalamu.

Sumber : https://blog.tokopedia.com/2015/03/waspadai-masalah-kesehatan-akibat-terlalu-sering-menatap-layar-komputer/

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *